Advertisement

Friday, November 27, 2015

Mengagumkan! Li-Fi teknologi baru 100 kali lebih cepat dari Wi-fi

author photo


SebarSebarin.org - Menjelajah internet dengan menggunakan Wi-Fi sudah akrab di telinga pengguna gadget. Banyak orang yang memanfaatkan Wi-Fi untuk bertukar data secara nirkabel. Namun semakin berkembangnya dunia teknologi, saat ini telah hadir teknologi nirkabel Li-Fi yang siap menggantikan teknologi Wi-Fi. Teknologi Wireless terbaru ini berbasiskan cahaya.

Li-Fi atau Light Fidelity adalah teknologi nirkabel yang menggunakan cahaya sebagai medianya, berbeda dengan Wi-Fi yang menggunakan frekuensi radio konvensional. Cara kerja teknologi nirkabel Li-Fi cukup sederhana, yaitu Anda dapat menggunakan dua sumber cahaya  yang berada pada masing-masing ujung perangkat. Sumber cahaya yang dapat digunakan adalah LED ataupun detektor foto. Ketika LED bersinar sensor cahaya pada ujung lainnya akan mendeteksi cahaya yang diartikan sebagai biner 1.

teknologi nirkabel Li-Fi

Untuk cara kerja Li-Fi, sebuah pesan akan dikirimkan kemudian mampu ditangkap oleh detector cahaya pada perangkat lainnya. Kemudian teknologi nirkabel Li-Fi akan memakai warna pada cahaya LED. Bisa dibayangkan jika warna-warna tersebut menyala bersama-sama maka ini akan membuat informasi yang dikirim akan lebih besar.



Saat ini dengan penggunaan laser berwarna hijau dan merah dengan bersama-sama sebuah data dapat dikirim dengan kecepatan 1 Gbps. Ini akan jauh lebih cepat jika menggunakan banyak warna. Hal ini karena jenis LED adalah semikonduktor yang memiliki sifat berbeda dengan lampu lain. Dengan begitu membuat LED mampu beralih mulai dari on dan off dalam beberapa nanodetik.

Keuntungan menggunakan teknologi nirkabel Li-Fi adalah Anda akan lebih mudah untuk mengakses internet diberbagai wilayah, bahkan di wilayah terpencil sekalipun yang tidak dapat dijangkau fiber optik. Selain itu teknoogi Li-Fi juga dapat digunakan untuk mengontrol lalu lintas dengan cara menempatkan teknologi LED di mobil. Teknologi Li-Fi mampu mengurangi polusi elektromagnetik yang selama ini dihasilkan oleh gelombang radio.

Jika teknologi Li-Fi sudah diterapkan maka kendala dari faktor cuaca saat mengakses internet tidak menjadi masalah. Setiap rumah dan gedung juga dapat menggunakan lampu sebagai sumber pencahayaan, sehingga rumah dan gedung tersebut mampu mengakses internet dengan kecepatan yang tinggi.

Selain memiliki banyak keunggulan, teknologi nirkabel Li-Fi juga memiliki kelemahan. Antara lain adalah teknologi Li-Fi juga memiliki tantangan yaitu memerlukan line-of sight yang sempurna dalam mengirim data. Perangkat tujuan juga tidak boleh dipindah-pindah dan tantangan berat yang lainnya adalah cara mengirimkan kembali data ke pemancar secara optimal.

Next article Next Post
Previous article Previous Post