Tuesday, December 29, 2015

Bos Besar PT Freeport di AS ini Tiba - Tiba Mengundurkan Diri, Ada Apa Ya?

author photo
Executive Chairman dan salah satu pendiri Freeport-McMoRan, James R. Moffet, mengundurkan diri dari jabatannya di tengah-tengah menurunnya harga komoditas dan pemutusan hubungan kerja massal di industri pertambangan.



Freeport adalah salah satu penambang emas dan tembaga terbesar di dunia. Tahun ini, harga kedua komoditas tersebut terpukul akibat melambatnya perekonomian dunia. Harga tembaga jatuh hingga 26 persen akibat melambatnya perekonomian Tiongkok.

Setelah Moffet mengumumkan pengunduran dirinya, saham Freeport-McMoRan turun 61 sen atau sekitar 8,1 persen ke US$ 6,95 pada tengah hari perdagangan Wall Street kemarin. Moffet akan resmi mundur pada hari Kamis (31/12).

Gerald J Ford, direktur independen Freeport, akan menjadi pemimpin sementara menggantikan Moffet, sementra Richard C Adkerson akan tetap menjabat sebagai presiden direktur dan CEO.

"Selama 50 tahun kariernya di industri pertambangan, Jim Bob telah menjadi ikon eksplorasionis," kata Ford.

Moffet, yang akrab dikenal dengan nama Jim Bob, ikut mendirikan Freeport pada tahun 1969. Moffet menjabat sebagai executive chairman sejak 2003 dan sebelumnya menjabat sebagai CEO dari 1995-2003. Moffet akan menerima pesangon US$ 16,1 juta dan terus berkontribusi pada Freeport sebagai konsultan dengan bayaran US$ 1,5 juta per tahun.

Pada bulan Agustus, perusahaan mengumumkan akan menurunkan belanja, memangkas produksi, dan mem-PHK 10 persen tenaga kerja akibat turunnya harga komoditas.

Freeport memiliki tambang emas di Papua, Indonesia. Baru-baru ini Freeport Indonesia bermasalah dengan Ketua DPR RI karena kasus rekaman "Papa Minta Saham" di mana Ketua DPR Setya Novanto terekam meminta jatah saham divestasi kepada pimpinan Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Nama Jim Bob juga sempat disebut dalam rekaman tersebut.

sumber: beritasatu.com
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement