Advertisement

Friday, December 25, 2015

MANTAPP!! Harga BBM Turun Lagi! Bukti Keberhasilan Pemerintahan Jokowi?

author photo
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas) Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja memastikan harga Premium akan turun pada kisaran nominal Rp 300



Pemerintah akhirnya sepakat menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar. Harga premium akan turun pada kisaran Rp 200-Rp 300 per liter. Sedangkan untuk harga solar akan turun lebih dari Rp 500 per liter. Hal ini disampaikan Menteri ESDM Sudirman Said di Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Jakarta.


“Harga Premium dari Rp 7.300/liter turun jadi Rp 6.950/liter ini harga keekonomian, tapi karena ada pungutan dana ketahanan energi Rp 200/liter untuk premium, maka harga Premium jadi Rp 7.150/liter,” kata Sudirman.
“Sedangkan untuk harga solar dari Rp 6.700/liter harga keekonomiannya saat ini Rp 5.650/liter itu sudah termasuk subsidi Rp 1.000/liter, kemudian ditambah dana ketahanan energi Rp 300/liter untuk solar, jadi harganya Rp 5.950/liter,” tambah Sudirman.

Source: www.tribunnews.com


Premium turun Rp 300 per liter



Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas) Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja memastikan harga Premium akan turun pada kisaran nominal Rp 300 pada Januari 2016.
Ia mengatakan, pemerintah akan menerapkan kebijakan batas atas dan bawah untuk penurunan harga BBM.


“Banyak negara menerapkan hal tersebut. Maksudnya, ketika harga turun di bawah sekali, ada batasan yang harus menjadi patokan. Begitu juga sebaliknya, itu bisa menjadi solusi yang baik,” ujarnya.

Source: bisniskeuangan.kompas.com



Menanggapi turunya harga BBM, sopir Grabbike Budi mengatakan, jika hanya turun Rp 300 rupiah tak akan ada pengaruh yang berarti.


Harga BBM baru resmi berlaku 5 Januari 2016


“Turun Rp 1.000 saja sebatang rokok tak dapat,” katanya, Rabu (23/12).
Source: nasional.republika.co.id


Menurutnya, tak ada pengaruhnya kalau cuma turun di bawah Rp 1.000. “Kalau turun Rp 3.000, baru lumayan,” katanya.

Meski BBM turun Rp 300 per liter, Budi yakin harga kebutuhan pokok akan tetap mahal.


“Saya yakin, harga kebutuhan pokok tak akan turun dan tetap mahal, jadi ya buat apa kalau cuma turun segitu,” ujarnya.

Source: nasional.republika.co.id


Lebih lanjut Budi juga mengatakan jika dirinya lebih suka membeli BBM di Shell atau Total. Menurutnya, membeli bensin di Shell atau Total ukurannya lebih tepat. Hal tersebut sangat jauh berbeda jika membeli BBM di Pertamina. Budi mengaku jika ia sering diakali ketika membeli BBM di Pertamina, sehingga konsumen mendapat bensin lebih sedikit dari yang ia bayarkan.


Solar turun Rp 500 per liter




“Kalau di Total atau Shell takaran bensinnya lebih jelas, pegawainya tak berani nakal,” katanya
Source: nasional.republika.co.id


Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal ramli menilai memang sudah waktunya harga BBM turun. Menurut Rizal harga minyak dunia yang anjlok hingga dibawah 40 dolar AS per barel menjadi alasan kuat untuk pemerintah menurunkan harga BBM. Rizal meminta agar masyarakat menerima keputusan pemerintah dengan baik.

Alhamdulillah… semoga turunnya BBM ini berdampak dengan turunnya harga kebutuhan pokok.

Bagaimana menurutmu? Mari share dan jangan lupa berikan komentarmu.


Source : Tribun

Next article Next Post
Previous article Previous Post