Advertisement

Monday, December 28, 2015

TIPS Menghemat Kuota Internet Nonton Youtube di Smartphone

author photo
Menonton Youtube ataupun situs video lainnya tentu membutuhkan kuota internet yang besar. Sehingga sering tanpa kita sadari kuota internet smartphone belum sebulan sudah habis, dan bila sudah habis tentu membuat kita semakin kesal karena tidak dapat melakukan browsing maupun update status di media social.



Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat kuota internet walau sering menonton youtube atau video lain, berikut caranya :

1. Menggunakan kompresi data di browser
Gunakan browser yang sudah memiliki fitur kompresi data. DImana dengan adanya fitur ini, data yang masuk ke smartphone anda terlebih dulu dikompres atau diperkecil sehingga tentunya dapat menghemat kuoto internet smartphone anda.

Ada dua browser yang sudah memiliki fitur ini yakni Chrome dan Opera Mini Max. Silahkan anda install aplikasi yang anda sukai dari kedua browser tersebut.

2. Menggunakan Fitur Youtube Offline
Saat ini, youtube sudah memiliki fitur baru yang memungkinkan pengguna menonton video secara offline. Dengan fitur ini, YouTube akan menyimpan file cached dari video tersebut saat pengguna masih terhubung dengan wifi.

Video yang ada pada cache itu dapat ditontong dalam kurun waktu 48 jam. Jadi Pengguna dapat menonton video walau sedang offline.

3. Menurunkan kualitas Video
Hal lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mengurangi kualitas video, dimana pada youtube ada pilihan kualitas video antara 270p hingga 1080p. Pilihlah yang paling kecil agar kuota internet anda juga semakin sedikit digunakan.
Next article Next Post
Previous article Previous Post