Advertisement

Wednesday, January 6, 2016

Hati - Hati! Jangan Sepelekan 10 Gejala Kanker yang Selalu Diabaikan Ini!

author photo
Mendeteksi atau mencegah gejala awal dari sebuah penyakit merupakan cara yang paling baik untuk menyembuhkan serta mengobati penyakit tersebut, khususnya penyakit kronis yang mematikan. Dengan mengetahui gejala-gejala tersebut, kita dapat melakukan tindakan dengan cepat sebelum penyakit itu bertambah parah dan semakin sulit disembuhkan.

Gejala-gejala yang ditimbulkan bisa sangatlah umum, tetapi nyatanya sebagian besar orang mengabaikan hal ini. Dalam kasus kanker, kebanyakan orang baru memeriksakan dirinya ke dokter setelah sudah memasuki stadium lanjut. Sehingga pengobatannya akan lebih sulit dan beresiko tinggi terhadap kematian.



Inilah 10 gejala paling umum dari kanker yang tidak boleh dianggap sepeleh ataupun mengabaikannya :

1. Napas pendek
Salah satu tanda-tanda awal dari kanker paru-paru, dan pasien yang menanggung derita sakit itu mengemukakan bahwa mereka lihat gejalanya seperti mengi atau sesak napas dan nada saat bernapas. Sering misdiagnosis bahwa orang berikan vonis pada diri mereka bahwa mereka memiliki asma.

2. Batuk kronis serta nyeri dada
Sebagian jenis kanker, termasuk leukemia dan kanker paru-paru, dapat dimulai oleh sinyal tanda seperti batuk atau bronkitis. Salah satu langkah yang dapat kita ketahui perbedaannya apabila tidaklah kanker yaitu apabila masalahnya konstan atau sesekali menghilang. Apabila kita merasakan sakit terus-menerus atau batuk, segera jumpai dan konsultasi ke dokter ahli.

3. Infeksi umum
Sering infeksi yakni tanda-tanda leukemia yaitu bila darah kita mulai membuahkan jumlah abnormal pembuluh darah putih sampai mereka tak dapat melawan infeksi secara efektif. Leukemia sering ditemukan di antara orang dewasa bahkan juga saat pasien mengeluh sering mengalami gangguan kesehatan seperti demam dan gejala flu.

4. Kesulitan dalam menelan
Kesulitan dalam menelan makanan merupakan salah satu tanda yang biasanya berkenaan dengan kanker serviks atau salah satu gejala pertama dari kanker paru-paru.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening di bawah ketiak atau pangkal paha
Kelenjar getah bening jadi membesar memperlihatkan perubahan dalam sistem limfatik, yang mungkin saja menjadi tanda kanker. Benjolan menyakitkan di bawah ketiak sering menyebabkan kanker payudara, tengah benjolan di lipat paha dan leher, mungkin saja referensi yaitu sinyal awal dari leukemia.

6. Memar yang berlebihan
Tanda-tanda ini bisa jadi indikasi sebagian aktivitas abnormal beberapa sel darah merah, yang pada gilirannya sering menyebabkan leukemia. Memar di tempat-tempat yang tidak seharusnya, misalnya pada jari dan telapak tangan dan munculnya bintik-bintik merah di muka, leher, dada merupakan gejala yang tidak dapat diabaikan.

7. Nyeri di perut atau panggul
Nyeri di perut atau panggul dapat merujuk pada banyak hal. Ini merupakan tanda-tanda umum dari kista ovarium, namun tanda ini sering diabaikan, padahal tidak semestinya begitu.

8. Perdarahan rektal
Salah satu tanda-tanda pertama dari kanker usus besar yaitu pendarahan anus atau darah dalam tinja. Bila kita melihat gejala-gejala ini, kita harus segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

9. Berat Badan
Apabila berat tubuh berkurang, sedangkan kita tidak sedang menjalani program diet atau gaya hidup, kita perlu bertanya pada diri sendiri mengapa hal ini bisa terjadi. Kehilangan berat badan yaitu tanda awal kanker usus besar, dan itu mempengaruhi nafsu makan serta menurunnya kemampuan tubuh untuk singkirkan “sampah” dari dalam tubuh.

10. Perubahan kuku
Pergantian kuku yang indah bisa jadi tanda-tanda dari beragam jenis kanker. Garis coklat atau hitam dan titik pada kuku menunjukkan gejala dari kanker kulit. Kuku pucat atau putih mungkin saja tanda bahwa kerja organ hati tidak berperan dengan baik, dan itu merupakan gejala kanker hati.

Itulah 10 gejala umum yang biasanya terjadi pada penderita kanker. Jika gejala ini dapat terdeteksi lebih awal, maka kemungkinan untuk bisa sembuh juga semakin besar. Untuk itu, jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman, kerabat, atau orang-orang terdekat agar mereka dapat mengenali gejala awal terjadinya kanker. Dengan begitu, sama artinya kita telah membantu banyak orang untuk bisa sembuh dari kanker. Semoga bermanfaat.


Sumber : wajibbaca.com, KoranBeritaNews
Next article Next Post
Previous article Previous Post