Sunday, January 3, 2016

Kisah N!xau Toma, Akhir Tragis Bintang film "Gods Must Be Crazy"

author photo
Orang Indonesia tentunya pasti kenal dengan sosok N!xau Toma, karena ada satu film yang sering diputar di televisi Indonesia yaitu THE GODS MUST BE CRAZY. Film ini bercerita tentang pria Afrika bernama Xixo yang akan berlaku konyol saat menemukan benda-benda modern. Film ini sukses secara internasional sampai dibuat sekuel-sekuelnya.



Film yang pertama kali diproduksi tahun 1980 ini dibintangi oleh Nxau Toma (bisa dibaca juga dengan Gcao Tekene Coma). Seorang pria asal Namibia yang hanya dibayar Rp 4 juta saat syuting film ini. Oleh orang di negaranya, N!xau disebut-sebut sebagai aktor Namibia yang paling terkenal.

Dikenal banyak orang serta menghibur lewat GODS MUST BE CRAZY, sayangnya hidup seorang N!xau tidaklah indah. Adat Afrika menyebutkan, seorang pria harus menanggung beban hidup seluruh keluarga. Jadilah uang empat juta tersebut dipakai N!xau untuk membeli tanah dan mobil serta membangun rumah. Apalagi ternyata N!xau ini punya 3 istri dan 12 anak.



Dia harus bekerja keras keliling beberapa seperti Amerika Serikat, Prancis, China dan Jepang untuk syuting film-filmnya. Setelah membintangi SEKAI URURUN TAIZAIKI tahun 1996, N!xau memutuskan untuk keluar dari dunia hiburan.

Setelah pensiun jadi aktor, N!xau memutuskan untuk menghabiskan masa tuanya di rumah. Ia pun lalu dengan bekerja di ladang dan mengumpulkan kayu untuk bertahan hidup serta menghidupi keluarganya.

Dilansir dari BBC, N!xau meninggal pada Juli 2013 dengan sebab yang tidak jelas. Mayatnya ditemukan oleh keluarganya di ladang saat sedang bekerja demi kebutuhan sehari-hari.


sumber: merdeka.com
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement