Advertisement

Tuesday, January 12, 2016

Tips Agar Terhindar dari Penipuan Servis AC

author photo
Zaman sekarang orang sudah umum dan rata-rata sudah menggunakan AC/Air Conditioner. Agar awet dan suhu tetap dingin maka perawatan AC sangat diperlukan. Umumnya banyak yang menggunakan jasa tukang servis untuk melakukan perawatan pada AC. Tapi kalian harus hati-hati loh, bagi orang awam atau mereka yang baru menggunakan AC banyak yang tertipu oleh ulah tukang servis AC yang nakal dan ingin mengambil keuntungan besar



Apakah tukang AC Anda mengatakan Freon AC perlu diisi ulang?
Bila iya, Anda mungkin salah satu korban penipuan oknum tukang AC.

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui lebih dulu bagaimana cara kerja Freon dalam AC. Freon merupakan komponen gas yang digunakan pada mesin pendingin yang seharusnya tidak akan berkurang atau habis, selama tidak ada kebocoran.

Cara kerja AC adalah gas Freon dialirkan secara putaran tertutup (closed loop) dalam evaporator, membuat evaporator jadi dingin. Lalu, udara dihembuskan melewati evaporator, sehingga menghasilkan angin dingin.

Jadi unit AC yang telah dipakai dalam 10 tahun pun seharusnya tidak membutuhkan isi ulang Freon selama tidak ada kebocoran.

Hal-hal yang dapat menyebabkan kebocoran sehingga Freon berkurang dan membutuhkan pengisian ulang adalah:

1. sambungan pipa mengendur akibat getaran mesin AC;
2. komponen sudah tua; dan
3. kesalahan teknisi ketika menginstalasi AC pertama kali.

Kenyataan ini berbeda dengan salah kaprah yang diyakini oleh banyak anggota masyarakat Indonesia, yaitu yang mengira Freon sebagai “bahan baku” untuk “memproduksi” dingin, sehingga harus diisi ulang secara berkala. Kondisi ini banyak dieksploitasi oleh oknum tukang AC yang mendapatkan keuntungan dari “pengisian Freon” pada setiap pencucian AC.

Misalnya, oknum tukang AC mengatakan Freon ‘sudah habis’ ketika mencuci AC.
Berikut adalah tips untuk mengindari penipuan “isi Freon”:

1. Waspadai tukang AC yang menawarkan harga Cuci AC terlalu murah
Banyak oknum tukang AC yang memberikan iming-iming harga cuci yang sangat murah, tapi lalu mengambil keuntungan besar dari ‘mengisi’ Freon.
2. Peringatkan Tukang AC agar tidak langsung mengisi Freon
Ingatkan tukang AC untuk meminta konfirmasi dari Anda terlebih dahulu sebelum mengisi Freon, berikut dengan alasan dari pengisian Freon tersebut.
3. Minta tukang AC untuk menunjukkan indikator tekanan pada sebelum dan sesudah cuci AC, bila perlu mengisi ulang Freon Indikator akan menunjukkan tekanan Freon rendah bila memang Freon harus diisi ulang. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih perusahaan servis AC dengan teknisi yang profesional danstandard operating procedure (SOP) yang jelas.


sumber: tolongsebarkan.com
Next article Next Post
Previous article Previous Post