Advertisement

Sunday, January 24, 2016

Waspada! Wanita Ini Tewas Ditumbak Marlin Karena Pakai Perhiasan Seperti!

author photo
Baru-baru ini terjadi insiden tewasnya seorang wanita warga Makassar ketika berlibur bersama keluarga di Pantai Tanjung Karang Donggala pada hari Sabtu (1/01/2016). Wanita bernama lengkap Liena (39) ini meninggal akibat disambar ikan marlin, yang biasa disebut warga lokal sebagai ikan sori.




Menurut keterangan Abubakar Hi. Mide (45), seorang pemandu diving di Pantai Tanjung Karang, insiden itu terjadi sekitar pukul 17.15 WITA. Saat itu korban sedang merendm badan di pinggir Pantai Tanjung Karang yang kedalamannya cuma sekitar 80 cm, tidak jauh dari bibir pantai tepat di depan Prince John Resort.



Tiba-tiba seekor ikan dengan panjang hampir setengah meter melompat dan terbang ke arah wajah Liena. Karena kaget dan tidak bisa menghindar, ikan jenis marlin yang dikenal memiliki paruh panjang seperti tombak pun akhirnya menancap di bagian pelipis di atas mata kanan nya.

Liena sempat berteriak dan minta tolong. Lalu keluarga suaminya yang berada di pantai langsung berlarian menolong Liena.

Akibat sambaran ikan marlin itu, Liena mengalami luka robek di bagian kelopak mata kanan menembus batok kepala dan muntah darah. Saat itu juga dia langsung dievakuasi oleh sejumlah anggota polisi yang berada di Tanjung Karang menggunakan ambulance ke RS Kabelota Donggala sekitar 17.30 WITA.

Sayangnya, nyawanya tidak tertolong lagi. Liena menghembuskan nafas terakhir di RS Kabelota Donggala. Jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Jalan Balaikota Palu.



Ikan marlin atau disebut istiompax indica adalah spesies marlin yang ditemukan di daerah tropis dan subtropis Indo-Pasifik dan Pasifik timur Samudra dari dekat permukaan hingga kedalaman 915 m (3.002 kaki).

Ikan marlin adalah golongan ikan komersial yang besar dengan panjang yang mencapai maksimal 4,65 m dan berat 750 kg . Ini adalah salah satu marlins terbesar. Dan marlin ini adalah salah satu ikan tercepat, mencapai kecepatan hingga 80 mph (130 km / h).

Bagi para nelayan, ikan tersebut dikenal sebagai ikan pengancam nyawa para nelayan. Ikan yang memiliki mulut panjang dan bergerigi seperti gergaji bisa membunuh nelayan dengan sekali loncatan.

Namun bagi nelayan yang sudah kenyang garam lautan, mereka sudah nekat dan biasa bertarung melawan ikan marlin meskipun nyawa jadi taruhan.

Tapi kenapa ikan marlin ini bisa menyerang manusia?

Ikan ini termasuk ikan yang suka melihat cahaya buatan seperti kalung emas dan berlian, karena efek cahaya tersebut terlihat seperti kemilau sisik ikan-ikan kecil yang diincar sebagai makanannya. Ternyata waktu itu korban pada waktu kejadian masih mengenakan cincin, kalung, gelang, dan anting.

Saya menganjurkan buat teman-teman yang hobby snorkeling dan renang di laut untuk saling mengingatkan, supaya jangan memakai perhiasan atau benda-benda yang bisa membuat efek cahaya tersebut. Selain itu juga perhiasan menjadi rawan hilang.



Turut berduka cita bagi keluarga korban yang telah ditinggalkan.

Atas kejadian ini, semua diharapkan lebih waspada jika hendak bermain di tepi pantai. Mohon bagikan info ini demi keselamatan kita bersama.

Masih banyak fakta lain yang harus kita waspadai. Sebagai manusia, maka kita harus mengingatkan sesama kita.
Next article Next Post
Previous article Previous Post