Advertisement

Tuesday, January 5, 2016

WOW! Ada Menara Eiffel 33 meter dari bambu di Singaparna Tasikmalaya

author photo
Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat kembali berhasil membuat replika menara Eiffel, Paris, Perancis yang sempat berdiri pada tahun 1898 atau 117 tahun yang lalu. Menara ini hadir di sebuah acara festival seni, budaya, dan festival kerajinan (Tasikmalaya Motekart 2015) yang berlangsung sejak 18 Desember dan berakhir di penghujung tahun 2015. Setelah memecahkan rekor MURI dengan kain bordir terpanjang di acara Tasik Creative Festival, kembali Tasikmalaya berhasil menggemparkan publik tanah air dengan dibuatnya karya seni yang terbuat dari bambu menyerupai indahnya menara Eiffel di Paris.

Foto: metrotvnews.com


Pada tahun 1898, replika Eiffel dari bambu pernah dibuat di Tasikmalaya dengan tinggi sekitar 40-50 meter untuk menghormati Ratu Wilhelmina. Berikut adalah video proses pembuatan menara Eiffel di tahun 2015 dikutip dari akun Facebook Tasik Motekart.


Beberapa status dari warga Tasik mulai mengisi halaman media sosial yang menunjukkan begitu bangganya menara replika ini hadir di kotanya.

Informasi dari pembaca detikcom Gusnizar yang juga warga Tasikmalaya, Sabtu (2/1/2016) menara Eiffel van Tasik itu dibangun seniman dengan menggunakan 1.000 bambu.

Di bawah menara bambu Eiffle itu kendaraan juga bisa melintas. Banyak wisatawan yang datang melihat menara itu, apalagi di malam hari.

Menurut Gusnizar, berdasarkan sejarahnya di Tasikmalaya juga pernah dibangun menara mirip seperti Eiffel. Seorang Belanda bernama Van Bebber, yang berdinas sebagai pengawas air pada 1898 membangun replika Eiffel di Tasikmalaya dengan bambu setinggi 40 meter. Van Bebber membangun replika itu guna menghormari Ratu Wilhemina penguasa Belanda.


sumber: anekainfounik.net
Next article Next Post
Previous article Previous Post