Advertisement

Monday, March 14, 2016

HATI-HATI!! Air Mineral Palsu Beredar di Masyarakat, Ini Cara Membedakannya

author photo
SebarSebarin.org - Masyarakat sekarang sudah sepatutnya waspada. Setelah kemarin ditemukan pedagang es teh nakal di Monas, ternyata air mineral kemasan dalam kemasan ternyata banyak yang palsu, botolnya memang asli tapi isinya merupakan air isi ulang yang sangat berbahaya untuk keseharan.



Para pedagang nakal memanfaatkan botol bekas yang dipungut oleh pemulung kemudian mencuci bersih . Kemudian diisi air yang tidak layak.

Seorang penampung botol-botol bekas di Tanah Abang juga mengakui kerap ada orang yang membeli botol-botol plastik bekas untuk dijadikan kemasan baru. “Kita jual botol bekas buat daur ulang. Tapi ada juga yang kadang beli buat diisi air lagi terus dijual. Nggak banyak paling beli 5 karung sekitar 20 kiloan. Satu kilo kita jual Rp 5 ribu,” kata penampung botol bekas yang tak mau disebutkan namanya.

Botol-botol bekas tersebut dibersihkan dan bisa benar-benar nampak seperti baru. Untuk sumber air mereka menggunakan air-air dari sumur, sungai, bahkan ada menggunakan air got. Air-air tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol plastik bekas yang mereka beli tanpa melalui proses strerilisasi. Para penjual curang ini menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya agar air bisa terlihat jernih dan bersih. Informasi dari penampung botol bekas di bilangan Ciputat menyebutkan kalau air mineral palsu bisa nampak bening dengan mencampurkan borak dan tawas.

Berikut ini adalah modus yang dilakukan para penjual air mineral palsu:

1. Menggunakan air botol plastik bekas


via: kaskus.co.id

Botol plastik bekas didapatkan para pelaku dari para pemulung. Untuk skala besar, mereka membeli di tempat penampungan daur ulang botol bekas. Harga yang mereka bayarkan untuk membeli botol bekas sebesar Rp 5 ribu per kilogram. Botol-botol ini kemudian dibersihkan agar nampak seperti baru. Untuk yang lecet-lecet biasanya dijual dalam keadaan dingin agar embun pendinginan menutup lecet di botol.

2. Air diambil dari sumber air tidak jelas


via: kaskus.co.id

Fakta di lapangan sangat mengagetkan karena sumber air yang digunakan dari tempat-tempat kotor. Mereka mengambil air dari sumur, sungai, bahkan ada yang dari air got. Air tersebut dimasukan ke dalam botol tanpa melalui proses sterilisasi. Mereka biasanya menggunakan zat-zat kimia seperti borak dan tawas agar air nampak terlihat jernih.

3. Bisa dapatkan segel & tutup botol baru


via: kaskus.co.id

Segel dan tutup botol baru sudah bisa diproduksi sendiri. Ada pula yang mendapatkannya dari pegawai di perusahaan air mineral yang sudah memiliki brand dan izin produksi. Mereka saling kongkalikong untuk melakukan transaksi segel dan tutup botol baru.

4. Dijual di warung dan pedagang asongan,



via: kaskus.co.id

Ditemukan pula di beberapa warung yang menjual air mineral palsu kemasan botol. Uji laboratorium menunjukkan perbedaan antara isi air dari merek yang sama. Warung-warung ini mau menjual air mineral palsu karena keuntungan lebih besar. Pedagang asongan yang menjual air mineral kemasan botol plastik juga perlu diwaspadai. Air mineral palsu ini memang lebih banyak dijual di tempat-tempat terbuka seperti terminal, pinggir jalan, dan pintu masuk tempat wisata, karena transaksinya lebih mudah.

Cara bedakan air kemasan Asli dan Palsu


via: kaskus.co.id

Duh repot juga ya kalau banyak air mineral palsu yang beredar seperti ini. Niat ingin menghilangkan dahaga malah penyakit yang datang menghampiri. Secara kasat mata sebenarnya agak susah juga membedakan air mineral asli dan palsu. Lalu bagaimana caranya mengenali dan membedakan air mineral asli dan palsu? Jangan kuatir, masih ada kok beberapa tips yang bisa digunakan untk terhindar dari upaya penipuan ini.

Hindari air mineral yang berwarna keruh, kocok terlebih dahulu air mineral yang akan diminum. Kalau setelah dikocok menjadi keruh, maka sebaiknya airnya tidak usah diminum.
Source: kaskus.co.id

Bau air mineral asli dan palsu juga berbeda, air mineral asli tidak akan berbau, tapi air mineral palsu akan menimbulkan bau yang tidak biasa. Tapi repot juga ya kalau sedang pilek.
Source: kaskus.co.id

Kalau hidung anda sedang terganggu bisa mencoba cara lain yaitu mencoba rasanya, air mineral palsu akan berasa lebih kesat.
Source: www.kaskus.co.id

Perhatikan kemasannya, tapi ini agak sulit juga karena penjual mampu menyulap kemasan menjadi tampak baru.
Source: kaskus.co.id
Kesemua tips diatas memang tidak bisa menjamin, karena sekarang sudah banyak cara para pedagang untuk menyamarkan jualannya sedemikian rupa. Seperti menjualnya dalam kondisi dingin untuk menyamarkan bau, warna dan rasa. Bahkan kondisi botol yang tidak sempurna pun bisa disamarkan. Lalu cara apalagi yang bisa digunakan? Masih ada satu cara yang bisa digunakan dan terbukti sangat ampuh!

Jika memang Anda ingin membeli air minum kemasan, belilah di tempat-tempat resmi seperti supermarket atau minimarket. Kalau anda punya tingkat ketelitian yang sangat tinggi, bisa juga mencoaba tips berikut



via: kaskus.co.id

Amati baik baik botol kemasan yang ada, perusahaan minuman air kemasan mereka mengisi botolnya dengan mesin otomatis sehingga ketinggian air akan sama semua, tapi air mineral palsu diisi dengan manual jadi ketinggian air tidak akan bisa sama, yang penting terlihat penuh saja.

Gejala awal keracunan adalah muntah, mual, pusing, dan diare. Bahkan, pasien bisa sampai tidak sadar. Penanganan pertamanya, berikan air kelapa hijau. Air kelapa mengandung cairan elektrolit yang bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. Semoga artikel ini membantu anda,Sebarkan artikel ini supaya semakin banyak orang yang tahu cara membedakan air kemasan palsu dan asli!

sumber: kaskus.co.id
Next article Next Post
Previous article Previous Post