Sunday, April 30, 2017

Penelitian Ini Ungkap Alasan Mengapa Ayam Selalu Berkokok di Pagi Hari

author photo
SebarSebarin.org - Ayam jantan sesungguhnya memang berkokok karena memiliki kepekaan waktu dalam tubuhnya atau hanya respon untuk menstimulasi rangsangan eksternalnya?

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa segudang perilaku hewan pada umumnya didorong oleh jam internal dalam tubuhnya yang mengenali waktu. Misalkan pada malam hari, beberapa hewan menyelupkan diri mereka di rawa atau kubangan air, bahkan ikan-ikan di dalam gua menggunakan jam sirkadian untuk memberitahu waktu.



"Suara ayam berkokok merupakan simbol atau pertanda bahwa waktu fajar telah tiba. Banyak orang di berbagai Negara percaya itu, namun penelitian ini belum cukup jelas membuktikan bahwa ayam jantan sesungguhnya memang berkokok karena memiliki kepekaan waktu dalam tubuhnya atau hanya respon untuk menstimulasi rangsangan eksternalnya" kata Takashi Yoshimura dari Nagoya University.

Karena rangsangan sepanjang hari, seperti menyalanya lampu mobil, akan memicu ayam jantan untuk berkokok setiap saat. Hal ini juga diduga menjadi alasan mengapa ayam jantan terus berkokok karena adanya cahaya yang mengarah pada ayam jantan.

Yoshimura dan koleganya yang bernama Tsuyoshi Shimura yang juga berasal dari Universitas Nagoya, kemudian melakukan sebuah penelitian demi mengetahui misteri ini. Kedua orang tersebut meletakkan dua percobaan yang berbeda, dimana pada percobaan yang pertama para peneliti meletakkan ayam jantan di sebuah ruangan yang 12 jam akan dipenuhi cahaya terang dan 12 jam sisanya cahaya yang redup. Dari percobaan pertama ditemukan bahwa sebab ayam jantan berkokok waktu fajar kemungkinan terjadi karena cahaya.

Sayangnya hipotesa mereka tidak bisa bertahan saat percobaan kedua mereka lakukan, dimana pada percobaan tersebut mereka menempatkan ayam jantan yang sama dalam ruangan dengan pencahayaan yang redup selama 24 jam, dengan jangka waktu 14 hari. Percobaan mereka ini menghapuskan jawaban awal dimana mereka menganggap jawaban dari pertanyaan “mengapa ayam jantan berkokok tiap pagi?” dan mengatur ulang jawaban mereka, karena ternyata pada percobaan kedua ini sang ayam tetap berkokok dengan jarak 23,8 jam sejak ia terakhir berkokok.

Melihat hasil ini, tidak ada pilihan lain bagi para peneliti di Jepang tadi selain untuk memutuskan bahwa jawaban dari pertanyaan mereka adalah jam biologis, ini alasan kenapa ayam jantan selalu berkokok di pagi hari, karena memang hal tersebut telah seperti terprogram pada diri mereka. Para peneliti juga sudah melakukan percobaan dengan memaparkan sang ayam pada stimuli luar, tapi respon yang diberikan oleh sang ayam lebih kuat ketika diberikan pada pagi hari, yang berarti jam biologis dari sang ayam akan selalu mendahului faktor-faktor luaran lainnya.

Benar saja, nyatanya ayam berkokok tidak hanya saat fajar. Ayam jantan juga berkokok karena merespon cahaya dan sebagai cara berkomunikasi sesama ayam, tetapi perilaku berkokok mereka memang jauh lebih kuat saat fajar. Sebagai tindak lanjut, tim berharap untuk menentukan dasar-dasar genetik dari suara binatang lainnya.

This post have 0 comments

Silahkan Tambahkan Komentar Kamu Disini!
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement